Thursday 15 August 2019

Beralih Antara Beberapa Versi GMT Dalam Satu PC di Windows Dengan GMTSWITCH

Setelah sekian lama tidak saya update, kali isi saya akan berbagi cara untuk beralih antara beberapa versi GMT dalam satu PC di Windows. Saat ini, GMT telah memiliki beberapa versi, mulai dari GMT 4, GMT 5, hingga GMT 6 yang masih versi beta. Ada kalanya kita memerlukan skrip GMT yang telah kita buat di masa lampau dimana kita masih menggunakan GMT versi yang lama. Ada kalanya juga kita ingin mencoba versi GMT terbaru tapi malas untuk merubah skrip GMT kita yang terdahulu. Untuk mengatasinya, GMT telah menyediakan tool untuk berpindah dari satu versi GMT ke versi yang lain. Tool tersebut adalah GMTSWITCH.



Langkah pertama adalah kita harus menginstal GMT sesuai versi yang kita inginkan. Pada saat instalasi, akan muncul dialog yang menanyakan apakah kita akan menambahkan path instalasi GMT atau tidak. Selanjutnya pilih tidak.


Langkah kedua, kita harus menginstal software EditPath di http://www.softpedia.com/get/Tweak/Registry-Tweak/EditPath.shtml
Letakkan file EditPath.exe di folder yang bisa dibaca oleh PC. Sebagai contoh, saya meletakkannya di folder C:\programs karena folder ini telah saya tambahkan ke dalam path PC saya. Untuk mengetesnya, silakan buka Command prompt dan ketikkan editpath.


Langkah ketiga, silakan download file gmtswitch.bat berikut. File ini telah saya modifikasi agar bisa membaca GMT 4, GMT 5, maupun GMT 6.


Kemudian silakan diedit baris tersebut sesuai dengan lokasi folder instalasi GMT anda. Selanjutnya copy file tersebut dan paste ke folder yang telah ditambahkan ke path anda, dalam kasus saya, saya letakkan di C:\programs. Kemudian copy dan replace file gmtswitch.bat di folder bin di tiap-tiap folder instalasi GMT.

Untuk mencobanya, silakan ketikkan gmtswitch g4_64 untuk beralih ke GMT 4 versi 64 bit. Kemudian tutup dan buka kembali command prompt. Anda sudah beralih ke GMT 4 versi 64 bit. Untuk beralih ke GMT 5, silakan ketikkan gmtswitch g5_64. Kemudian tutup dan buka kembali command prompt. Untuk GMT 6, silakan ketikkan gmtswitch g6_64. Ingat, setelah mengetikkan gmtswitch, anda harus menutup dan membuka ulang command prompt anda.






 Sekian dan semoga bermanfaat. Salam.

3 comments:

  1. Selamat pagi kak...apakah ada email yang bisa saya hubungi? saya ingin bertanya2 tentang GMT lebih detail jika diijinkan terimakasih

    ReplyDelete
  2. bisa di raga.bhumi@gmail.com, tp maaf klo slow respon ya

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Mas, saya sudah kirimkan ke email.

    ReplyDelete