Thursday 12 June 2014

Menentukan Arah Vektor Subduksi Pada Data Trench GMT

Data trench atau penunjaman lempeng yang didapat dari UTIG (University of Texas at Austin, Institute for Geophysics) yang biasa digunakan pada GMT tidak dilengkapi dengan arah penunjamannya. Sehingga kita harus sedikit memodifikasi file trench yang kita dapat dari UTIG tersebut. Biasanya kita menggunakan perintah psxy -Sf0.4i/0.08i+l+t untuk menampilkan arah vektor penunjamannya. Angka 0.4i adalah jarak antar simbol yang menunjukkan arah vektor penunjaman sedangkan 0.08i adalah ukuran dari simbol tersebut. Huruf "t" menunjukkan bahwa simbol tersebut berbentuk segitiga (triangle). Bisa juga menggunakan simbol lain seperti "b" (box), "c" (circle), "f" (fault), atau "s" (slip). Simbol slip biasanya digunakan untuk menampilkan pergeseran dari sesar mendatar. Huruf "l" menunjukkan bahwa simbol menghadap ke kiri.

Persoalannya adalah ketika kita menggunakan perintah psxy -Sf0.4i/0.08i+l+t tersebut, maka semua arah vektor akan menghadap ke kiri. Padahal ada juga arah vektor ke kanan. Untuk mengatasinya, maka di file "trench.gmt" tersebut kita tambahkan "-Sf0.4i/0.08i+r+t" (tanpa tanda petik) pada segmen yang kita inginkan untuk menentukan arah vektor ke kanan. Setelah itu, pada segmen selanjutnya harus kita tambahkan "-Sf0.4i/0.08i+l+t" (tanpa tanda petik) untuk mengembalikan arah vektor ke kiri.


Berikut adalah daftar segmen pada file "trench.gmt" (bisa didapat menggunakan perintah UNIX:
grep -i ">" trench.gmt)

> 9921 GULF OF ALASKA TRENCH                            
> 9829 TRENCH BET JUAN DE FUCA & N. AMERICA             
> 9788 MIDDLE AMERICA TRENCH, MEXICO                    
> 9788 MIDDLE AMERICA TRENCH, MEXICO                    
> 2019 THRUST FAULT, SW AND S OF GULF OF PARIA, VENEZUELA
> 2019 THRUST FAULT, SW AND S OF GULF OF PARIA, VENEZUELA
> 2019 COLOMBIA/VENEZUELA DEFORMED BELT THRUST FAULT    
> 9921 SOUTH AMERICAN TRENCH                            
> 9921 PERU-CHILE TRENCH                                
> 9788 MIDDLE AMERICA TRENCH, HONDURAS                  
> 9788 MIDDLE AMERICA TRENCH, GUERRERO                  
> 2019 ROMERAL DEFORMED BELT THRUST FAULT               
> 2019 SINU TRENCH, WEST OF ROMERAL                     
> 2019 SINU TRENCH, WEST OF ROMERAL                     
> 2019 SINU TRENCH, WEST OF ROMERAL                     
> 2019 SINU TRENCH, WEST OF ROMERAL                     
> 2019 SINU TRENCH, WEST OF ROMERAL                     
> 2019 SINU TRENCH, WEST OF ROMERAL                     
> 9788 MIDDLE AMERICA TRENCH, PANAMA                    
> 9788 MIDDLE AMERICA TRENCH, CENTRAL PANAMA            
> 9788 MIDDLE AMERICA TRENCH, EASTERN PANAMA            
> 2019 THRUST FAULT, PANAMANIAN PRISM                   
> 2014 GREATER ANTILLES TRENCH                          
> 2026 TRENCH, NORTH OF PUERTO RICO                     
> 2026 TRENCH, NORTH OF PUERTO RICO                     
> 2014 WESTERN PUERTO RICO TRENCH                       
> 2014 TRENCH THROUGH CENTRAL HISPANIOLA                
> 2014 TRENCH BETW FLORIDA & S. CUBA/N. HISPANIOLA      
> 2019 EL TINACO THRUST FAULT, SOUTH OF CARIBBEAN MTNS, V
> 9921 CHILE TRENCH                                     
> 9921 CHILE TRENCH                                     
> 9921 SOUTHERNMOST CHILE TRENCH                        
> 9921 SOUTH SANDWICH TRENCH                            
> 9921 CHILE TRENCH                                     
> 9921 CHILE TRENCH                                     
> 3401 HELLENIC TRENCH, SOUTH OF GREECE                 
> 3401 TRENCH SOUTH OF TURKEY                           
> 3401 TRENCH, NORTHERN IONIAN SEA, MEDITERRANEAN SEA   
> 5303 INDUS-TSANGPO SUTURE ZONE, INDIA                 
> 5303 INDUS-TSANGPO SUTURE ZONE, INDIA                 
> 5303 INDUS-TSANGPO SUTURE ZONE, INDIA                 
> 5305 NORTHERN ARABIA PLATE BOUNDARY                   
> 5305 MAIN ZAGROS REVERSE FAULT, IRAN                  
> 5305 MINAB FAULT, SOUTHWEST IRAN                      
> 5305 MINAB FAULT, SOUTHWEST IRAN                      
> 5305 MINAB FAULT, SOUTHWEST IRAN                      
> 5305 MINAB FAULT, SOUTHWEST IRAN                      
> 5305 MINAB FAULT, SOUTHWEST IRAN                      
> 5305 MINAB FAULT, SOUTHWEST IRAN                      
> 2036 THRUST FAULT, WINDWARD PASSAGE, CUBA-HAITI       
> 5305 MAKRAN TRENCH, NORTHERN INDIAN OCEAN             
> 6103 MELLIN FAULT, TAIWAN                             
> 6103 DEFORMATION FRONT, SW OF TAIWAN                  
> 6621 PHILIPPINE TRENCH                                
> 9821 PALAU TRENCH                                     
> 9822 YAP TRENCH                                       
> 9822 YAP TRENCH                                       
> 9824 JAPAN TRENCH                                     
> 6722 WEST EXTENSION OF THE FLORES THRUST ZONE         
> 6722 THRUST IN FLORES BASIN (ACTIVE)                  
> 6722 THRUST N OF ALOR (ACTIVE)                        
> 6721 NEGROS TRENCH                                    
> 6722 N SULAWESI TRENCH (ACTIVE)                       
> 6722 TRENCH WEST OF TALAUD RIDGE (SANGIHE TRENCH)     
> 6722 TRENCH WEST OF TALAUD RIDGE (SANGIHE TRENCH)     
> 6722 TRENCH WEST OF TALAUD RIDGE (SANGIHE TRENCH)     
> 6722 TRENCH WEST OF TALAUD RIDGE (SANGIHE TRENCH)     
> 6722 TRENCH WEST OF TALAUD RIDGE (SANGIHE TRENCH)     
> 6722 TRENCH WEST OF TALAUD RIDGE (SANGIHE TRENCH)     
> 6722 TRENCH WEST OF TALAUD RIDGE (SANGIHE TRENCH)     
> 9821 RYUKU TRENCH                                     
> 9821 NANKAI TROUGH                                    
> 8021 JAVA TRENCH (ACTIVE SUBDUCTION) (N. OF ANDAMAN RID
> 8021 JAVA TRENCH (ACTIVE SUBDUCTION) (N. PART FROM SUMA
> 8021 JAVA TRENCH (ACTIVE SUBDUCTION) (C. PART FROM SUMA
> 8021 JAVA TRENCH (ACTIVE SUBDUCTION) (C. PART FROM SUMA
> 8021 JAVA TRENCH (ACTIVE SUBDUCTION)                  
> 9688 COTABATO TRENCH                                  
> 6621 PHILIPPINE TRENCH                                
> 6621 PHILIPPINE TRENCH (LUZON SECTION)                
> 6622 PHILIPPINE TRENCH (LUZON SECTION ACTIVE)         
> 6621 STRIKE-SLIP FAULT BETWEEN LUZON & CENTRAL PHILIPPI
> 6622 TRENCH E OF TALAUD RIDGE (ACTIVE)                
> 6722 SERAM TROUGH                                     
> 6722 SERAM TROUGH (ACTIVE)                            
> 6722 WETAR THRUST                                     
> 6621 TRENCH WEST OF LUZON (MANILA TRENCH) NORTHERN PORT
> 9821 BONIN TRENCH                                     
> 8001 NEW GUINEA TRENCH                                
> 8001 MANOKWARI TROUGH, SOUTH OF NEW GUINEA TRENCH     
> 6621 MARIANA TRENCH                                   
> 6621 MARIANA TRENCH                                   
> 6621 MARIANA TRENCH                                   
> 3401 TRENCH, SOUTH OF SICILY                          
> 3401 TRENCH, SOUTHERN SICILY                          
> 8021 TRENCH A (ACTIVE ARC-CONTINENT COLLISION ZONE)   
> 9688 TONGA TRENCH                                     
> 9607 NEW HEBRIDES TRENCH, WESTERN SECTION             
> 9607 NEW HEBRIDES TRENCH                              
> 9607 NEW HEBRIDES TRENCH                              
> 9607 NEW HEBRIDES TRENCH                              
> 9607 NEW HEBRIDES TRENCH                              
> 9607 NEW HEBRIDES TRENCH                              
> 9607 NEW HEBRIDES TRENCH, EASTERN SECTION             
> 9607 NEW BRITAIN TRENCH                               
> 9688 KERMADEC TRENCH                                  
> 9607 SAN CRISTOBAL TRENCH                             
> 9607 SOUTH SOLOMON TRENCH                             
> 9688 ALEUTIAN TRENCH (FROM DEEPEST SECTION OF GEBCO SHE
> 9688 KURIL TRENCH (FROM DEEPEST SECTION OF GEBCO SHEET
> 9824 KURIL TRENCH                                     
> 9607 VITIAZ TRENCH, WEST PACIFIC                      
>

Nomor sebelum nama segmen menunjukkan nomor referensi. Bisa dipelajari disini.

Pada contoh berikut, saya ingin menampilkan segmen THRUST IN FLORES BASIN (ACTIVE), THRUST N OF ALOR (ACTIVE), dan  WETAR THRUST ke arah kanan. Maka pada file "trench.gmt" tersebut saya menambahkan -Sf0.4i/0.08i+r+t pada segmen-segmen tersebut dan -Sf0.4i/0.08i+l+t pada segmen-segmen setelah segmen tersebut.

Sehingga pada baris 4241, 4254, dan 4693 menjadi:
> -Sf0.4i/0.08i+r+t 6722 THRUST IN FLORES BASIN (ACTIVE)  
> -Sf0.4i/0.08i+r+t  6722 THRUST N OF ALOR (ACTIVE)
> -Sf0.4i/0.08i+r+t 6722 WETAR THRUST

Sementara pada baris 4264 dan 4708 menjadi:
> -Sf0.4i/0.08i+l+t 6721 NEGROS TRENCH  
> -Sf0.4i/0.08i+l+t 6621 TRENCH WEST OF LUZON (MANILA TRENCH) NORTHERN PORT

Jarak antar simbol dan ukuran simbol harus sama dengan jarak dan ukuran pada script GMT yang akan dibuat nantinya. Simpan file "trench.gmt" tersebut. Selanjutnya buatlah script GMT berikut:

set F=fault.ps
set data_topo=indo.nc
set data_trench=trench.gmt

grdview %data_topo% -JM26 -R110/130/-14/-2 -Iiluminasi.nc -Ba5g5WSne -Celev.cpt -Qi -K > %F%
pscoast -JM -R -Wthinnest -Dh -O -K -Lf127/-13/17/400+l+jr  -T127.5/-12/0.75i/2 --FONT_TITLE=12p --MAP_TITLE_OFFSET=0.05i>> %F%
psxy -R -JM -W1 -Sf0.4i/0.08i+l+t -Gblack -O  %data_trench% >> %F%

ps2raster -A -TG -P %F%

Simpan dengan ekstensi ".bat" dan eksekusi. Maka hasilnya akan sebagai berikut:

Bandingkan jika kita tidak memodifikasi file "trench.gmt" tersebut diatas:


Perhatikan arah vektor di utara Flores dan Alor. Anda bisa memodifikasi segmen yang lain sesuai keinginan anda.

Sekian untuk kali ini dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment